Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Thursday 11 February 2016

Tips Memaksimalkan Kesuburan Pada Wanita

Setiap wanita pasti ingin memiliki dikarunia momongan dengan cepat. Namun, karena satu dan lain hal tidak setiap wanita mendapatkannya. Menurut penelitian, ada 12% wanita yang mengalami infertilitas (tidak subur). Keadaan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk kesehatan alat reproduksi pada wanita.

Meskpun demikian, keadaan tidak subur pada wanita dapat dicegah dan dimaksimalkan. Sehingga harapan setiap wanita untuk segera mendapat momongan dapat tercapai. William Gibbons, MD, mantan ketua American Society of Reproductive Medicine dan direktur Reproductive Endocrinology and Infertility di Baylor College of Medicine, Houston memberikan beberapa tips memaksimalkan kesuburan pada wanita yang dapat Anda ikuti.

1. Lakukan seks teratur
Cara ini memang cara pertama yang harus dicoba secara disiplin. Melakukan hubungan intim kurang dari satu kali dalam seminggu dapat menyebabkan penurunan peluang kehamilan dari 50% menjadi 18%. Sebaiknya lakukan secara proporsional 2-3 kali dalam seminggu. Melakukan hubungan intim secara berlebihan, setiap hari atau beberapa jam sekali juga tidak baik karena sel sperma pria memerlukan waktu sekitar 2 hari untuk matang. 

2. Hindari merokok
Baik suami atau istri sebaiknya sama-sama menghindari rokok. Merokok dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Pada wanita, kandungan racun kimia dalam asap rokok dapat membunuh ovarium. Wanita yang merokok akan mengalami menopouse lebih awal. Sedangkan pada pria, kandungan racun rokok dapat mempengaruhi konsentrasi sperma dan motilitas.

> Bahaya Rokok Bagi Kesehatan
> Hentikan Kebiasan Merokok dengan Cara Ini!

3. Jaga berat badan ideal
Wanita yang memiliki berat badan terlalu berlebihan atau obesitas dapat mengurangi kesuburan. Begitu pula kondisi berat badan di bawah normal. Idealnya wanita memiliki IMT (indeks massa tubuh) antara 17 - 27. Atur pola makan dan gaya hidup sehat. 

> 5 Teknik Pernafasan Untuk Menurunkan Berat Badan
> 10 Hobi Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

4. Berhenti minum alkohol
Minum alkohol lebih dari empat gelas seminggu dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan resiko disfungsi ovulasi. Sering mengonsumsi alkohol juga bisa meningkatkan resiko endometriosis. Sebaiknya hindari konsumsi alkohol baik pria maupun wanita.

5. Batasi minuman berkafein
Tidak berlebihan dalam minum kopi juga menjadi syarat penting memaksimalkan kesuburan. Minuman berkafein dapat menurunkan tingkat kesuburan. Sebaiknya, konsumsi maksimal 200 mg perhari atau setara 3 cangkir perhari.

> Fakta Kafein Yang Harus Kita Tahu
> Cara Menghilangkan Efek Kafein Dari Dalam Tubuh
> 5 Cara Menikmati Kopi Dengan Benar

6. Olahraga teratur
Olahraga ringan secara teratur lebih baik daripada olahraga terlalu berat namun jarang sekali dilakukan. Senam aeobik untuk wanita tidak lebih dari 7 jam per hari bisa menjadi pilihan yang tepat. Kurang berolahraga atau terlalu berat dalam berolahraga justru dapat menurunkan kesuburan.

> Tips Olahraga Bagi Wanita
> 7 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur

7. Lindungi organ reproduksi
Melindungi organ reproduksi dari berbagai penyakit seksual menular dapat dilakukan dengan perawatan yang benar dan melakukan seks yang aman. Penyakit pada organ reproduksi ini dapat mempengaruhi kesuburan karena bisa mnyumbat saluran telur wanita.

> Tips Sehat Merawat Organ Kewanitaan
> Sehatkan Organ Kewanitaan Dengan 5 Makanan Ini

8. Jangan menunda kehamilan
Menunda kehamilan juga bisa menyebabkan menurunnya kesuburan pada wanita. Semakin tua usia pasangan maka akan semakin mengurangi tingkat kesuburannya. Jadi jangan pernah menunda kehamilan. 

Memaksimalkan kesuburan pada wanita merupakan upaya nyata yang harus dilakukan untuk cepat mendapatkan momongan. Sepertiga kasus ketidaksuburan pada pasangan disebabkan oleh pria, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh wanita dan faktor lain yang sulit dijelaskan. Sebaiknya segera maksimalkan kesuburan Anda sedini mungkin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memaksimalkan Kesuburan Pada Wanita

1 comments:

  1. Jual produk-produk dari nasa untuk perawatan kesehatan tubuh
    http://info.nasajakarta.top/
    http://info.na-sa.top/

    kukuhimanputraraharja@gmail.com

    ReplyDelete