Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Friday 5 February 2016

6 Kebiasaan Sebelum Tidur Agar Hidup Lebih Sehat

Salah satu indikasi hidup sehat yaitu tercapainya tidur yang berkualitas dalam jumlah yang pas. Pada orang dewasa, jumlah jam tidur yang pas yaitu berkisar antara 6-8 jam perhari. Tergantung pada kondisi fisik, kondisi kesehatan dan usianya. 



> Tips Tidur Berkualitas
> Tipe-tipe Gangguan Tidur Pada Manusia
> Jumlah Waktu Tidur yang Tepat dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dalam jumlah yang pas. Diantaranya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik sebelum tidur. Kebiasaan ini dinilai ampuh untuk membuat tidur kita lebih nyenyak tanpa gangguan. Berikut ini 6 kebiasaan sebelum tidur yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

1. Mandi air hangat
Mandi air hangat sebelum tidur, dapat membuat badan terasa rileks dan segar. Kepenatan selama beraktivitas seharian pupus setelah mandi air hangat. Selain itu, suhu tubuh setelah mandi sangat cocok membantu kita untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

> Resiko Mandi Air Hangat Setiap Hari

2. Bermeditasi
Bermeditasi atau menenangkan pikiran sebelum tidur juga menjadi kunci penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Hilangkan semua beban pikiran yang mengganggu dan bersyukurlah dapat menjalani hari ini. Penuhi harapan positif untuk melakukan kebaikan di esok harinya.

> 7 Mitos Seputar Meditasi

3. Menulis
Menulis dapat membantu meringankan pikiran-pikiran yang datang mengganggu. Dengan menulis, hati kita lebih terasa plong. Pikiran kita juga lebih bersih. Bahkan, menulis sebelum tidur dapat meningkatkan kekuatan pikiran kita.
4. Menyikat gigi
Menyikat gigi sebelum tidur mencegah bakteri tumbuh dengan cepat dan mencegah napas tak sedap. Jika kondisi mulut sudah segar terjaga, maka tidur pun akan lebih nyenyak.
5. Mejauhkan smartphone dan sejenisnya
Tidur yang berkualitas adalah tidur tanpa gangguan darimanapun. Termasuk smarphone dan barang elektronik di sekitar Anda. Sebaiknya, jangan gunakan smartphone sebelum tidur dan jauhkan dari tempat tidur Anda. Matikan TV, laptop dan segala macam barang elektronik yang berpotensi mengganggu.

6. Makan sehat
Makan berat sebelum tidur memang tidak baik bagi kesehatan. Namun, makan makanan ringan yang menyehatkan sebelum tidur dapat membantu kita mendapatkan tidur yang berkualitas. Contohnya, makan kiwi sebelum tidur dapat menjaga gula darah kita saat tidur. 
Melakukan kebiasaan-kebiasaan diatas merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Tubuh akan terasa segar saat bangun dan kembali produktif menjalani aktivitas.

> Cara Memilih Bantal Tidur yang Baik Untuk Kesehatan
> Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Ngorok

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Kebiasaan Sebelum Tidur Agar Hidup Lebih Sehat

3 comments: