Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Thursday 18 February 2016

Ketahui 5 Cara Membersihkan Pusar

Pusar adalah salah satu bagian tubuh yang jarang sekali diperhatikan. Pusar seringkali terlewat saat kita membersihkan bagian tubuh lain. Padahal, pusar yang jarang dibersihkan dapat menimbulkan bau tidak sedap. Bau ini bisa timbul akibat tumpukan sel kulit mati, debu dan sisa-sia sabun yang menempel. Bayangkan saja, berapa lama Anda tidak membersihkan pusar?

Ketahui 5 Cara Membersihkan Pusar

Pusar yang kotor harus segera dibersihkan untuk mencegah bakteri berkembang. Namun, cara membersihkannya harus lembut dan perlahan, karena kulit di pusar lebih tipis dan rentan iritasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan pusar yang telah tertumpuk banyak kotoran. Berikut ini lima cara yang bisa Anda praktekkan.

1. Menggunakan Baby Oil

Cara pertama untuk membersihkan pusar yaitu dengan menggunakan baby oil. Rebahkan badan Anda lalu teteskan baby oil secukupnya pada lubang pusar. Diamkan sekitar 10 menit agar kotoran yang menempel melunak. Setelah 10 menit, angkat kotoran menggunakan kapas secara perlahan-lahan. Bersihkan sisa baby oil pada pusar dengan tisu atau handuk bersih.

2. Menggunakan Scrub Kopi

Cara kedua yaitu menggunakan scrub yang terbuat dari bubuk kopi dan air. Campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi scrub. Lalu oleskan pada pusar dan diselingi dengan pijatan lembut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih dan handuk lembut.

> Lulur Kopi, Bahan Pencerah Kulit Alami
> Cara Ampuh Hilangkan Komedo dengan Lemon Dan Madu

3. Menggunakan Air Lemon

Air lemon juga efektif untuk membersihkan pusar dengan mudah. Caranya, rendam kapas kedalam perasan air lemon, lalu gosokkan pada pusar dengan lembut. Tumpukan kotoran akan ikut luntur terabwa kapas saat digosokkan. Setelah selesai, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

4. Menggunakan Alkohol

Jika kotoran di area pusar sudah sangat menumpuk dan kaku (susah dihilangkan), gunakan alkohol untuk membantu. Caranya, basahi cutton bud dengan alkohol, lalu gosokkan pada pusar dengan lembut. Sedikit demi sedikit kotoran akan terkikis hingga bersih. Selanjutnya bersihkan pusar dengan tisu.

5. Membersihkan Saat Mandi

Saat mandi, jangan lupa untuk membersihkan area pusar Anda. Caranya, basahi handuk kecil dengan air yang sudah dicampur sabun. Lalu gosokkan perlahan pada pusar Anda. Setelah bersih, keringkan dengan tisu atau lap kering. Untuk menjaga kelembaban area pusar, Anda juga bisa mengoleskan sedikit lotion. 

> Tips Sehat Merawat Organ Kewanitaan
> Cara Membersihkan Daki di Sela-Sela Badan

Membersihkan pusar tidak harus dilakukan setiap hari. Bersihkan secara teratur setiap 1-2 minggu sekali. Hal ini untuk menghindari area pusar kering dan lukan, karena pusar memiliki kulit yang lebih tipis dan rentan terhadap iritasi. Saat membersihkan juga harus dilakukan dengan perlahan dan lembut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ketahui 5 Cara Membersihkan Pusar

0 comments:

Post a Comment