Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Sunday, 7 February 2016

Cara Memberi Pertolongan Pertama Penderita Asma

Penderita asma biasanya bisa kambuh secara tiba-tiba. Serangan asma yang mendadak tersebut seringkali membuat kita panik dan bingung apa yang harus kita lakukan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara memberikan pertolongan pertama pada penderita asma. Sehingga kepanikan dapat teratasi dan korban dapat diselamatkan. 

Cara Memberi Pertolongan Pertama Penderita Asma

Asma merupakan penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya sulit bernapas, batuk-batuk, dan mengalami mengi ketika kambuh. Saat menemui kondisi yang demikian, usahakan jangan panik dan segera lakukan tindakan pertolongan pertama. Berikut ini beberapa prosedur yang bisa Anda lakukan.

Pertama-tama, tenangkan korban dengan posisi duduk. Posisi ini lebih baik daripada posisi tidur, agar ada pergerakan paru-paru yang lebih longgar. Selanjutnya, berikan obat pelega nafas yang bisanya selalu dibawa oleh penderita asma. 

Obat pelega nafas yang biasa dibawa oleh penderita asma berupa obat asma inhaler. Obat ini merupakan jenis yang paling aman dibandingkan obat asma oral yang banyak dijual. Hal penting dalam pemakaiannya yaitu sebaiknya, semprot 2 kali setiap 10 menit. Menyemprot hingga 20 kali tidak akan menimbulkan masalah.

Jika penderita berada di ruangan ber AC atau tempat berdebu, sebaiknya pindahkan ke tempat yang lebih baik. Ruangan ber AC dan tempat berdebu dapat memicu serangan asma.

Apabila penderita asma tidak membawa obat apapun, sebaiknya segera bawa ke balai pengobatan terdekat, baik klinik ataupun puskesmas. Hal ini juga berlaku jika pemakaian inhaler selama 1-2 jam tidak meredakan serangan asma, seabiknya segera larikan kerumah sakit terdekat untuk penanganan emergency.

> Kenali 4 Jenis Penyakit Pernafasan yang Berbahaya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memberi Pertolongan Pertama Penderita Asma

0 comments:

Post a comment