Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Friday 12 February 2016

Awas, Salah Pilih Bra Berakibat 7 Masalah Kesehatan

Pemilihan bra yang tepat memang tidak hanya menjadi kebutuhan menjaga penampilan, namun juga penting untuk menjaga kesehatan wanita. Salah sekali jika demi model yang seksi, warna yang menarik, kita menyepelekan ukuran dan bentuk cup sehingga tidak bisa menopang payudara dengan baik. 

Bra yang terlalu longgar tidak dapat menyangga dengan baik sehingga mempengaruhi bentuk payudara. Sedangkan bra yang terlalu kecil bisa mnyebabkan kejang otot. Nah, meskipun terlihat sepele, namun pemilihan bra yang salah dapat mengakibatkan 7 masalah kesehatan berikut ini.

1. Kejang otot dan nyeri punggung

Biasanya masalah ini dialami jika menggunakan bra yang terlalu kecil. Bra kekecilan dapat membatasi gerakan punggung bagian atas yang menyebabkan kejang otot dan tulang belakang kaku. Sedangkan tali bra yang terpasang kencang akan menyebabkan sakit punggung yng bisa berkembang menjadi nyeri punggung.

2. Sesak napas

Bra yang terlalu ketat terpasang akan menimbulkan bekas luka di punggung dan bahu. Jika kondisi ini terjadi terus menerus dalam waktu lama maka akan memicu masalah pernapasan. Biasanya bra yang menekan kuat payudara menyebabkan rasa sakit karena peredaran darah dan oksigen terhambat.

3. Sakit kepala

Ukuran bra yang tidak sesuai akan menyebabkan leher dan punggung atas bekerja ekstra untuk menopang berat payudara. Otot-otot leher yang dipaksa bekerja keras ini dapat memicu munculnya sakit kepala.

4. Payudara kendur

Payudara bisa menjadi kendur jika ukuran bra yang dipakai tidak pas. Karena bra tidak mampu meopang berat payudara. Bra yang kebesaran, tidak bisa menutup payudara dengan sempurna. Sedangkan, bra yang kekecilan akan menyebakan iritasi karena gesekan kulit.

> Awas, 4 Kebiasaan Ini Bikin Payudara Kendur
> 5 Resep Mentimun Untuk Kencangkan Payudara

5. Memperburuk postur tubuh

Bra yang kurang menopang payudara akan menyebabkan ketegangan otot dada, bahu dan punggung. Dalam jangka waktu lama akan menyebabkan bentuk payudara menurun, tulang belakang tertekan dan bahu membungkuk. Postur ini tentu akan merusak penampilan secara keseluruhan.

> 5 Postur Tubuh Ini Buruk Bagi Kesehatan

6. Gangguan pencernaan

Bagi Anda yang banyakmenghabiskan waktu dengan duduk maka penggunaan bra yang tidak pas bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Bra yang tidak menopang payudara dengan baik akan membuat tubuh condong ke depan sedangkan kepala condong kebelakang. Keadaan ini akan memberi tekanan pada diafragma saat duduk terlalu lama. Akibatnya akan mengganggu mekanisme pernafasan yang menyebabkan gangguan pada usus.

7. Sakit saat bergerak

Saat melakukan aktivitas fisik yang banyak bergerak seperti olahraga, payudara bergerak 8 sentimeter. Apabila tidak ditunjang dengan bra yang pas maka dapat mengakibatkan rasa sakit karena guncangan. Sebaiknya gunakan bra sport yang khusus dirancang untuk mendukung wanita bergerak.

> Kenali Desain Bra Sesuai Dengan Fungsinya
> Bagaimana Cara Memilih Bra Yang Tepat?
> Tips Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui

Pemilihan bra bukanlah masalah sepele. Memilih bra dengan benar dapat mencegah masalah kesehatan. Sebaiknya pilih bra yang sesuai dengan lingkar dada, memiliki kualitas bahan yang baik, tali yang elastis dan jenis yang tepat agar nyaman digunakan dan menunjang kesehatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Awas, Salah Pilih Bra Berakibat 7 Masalah Kesehatan

0 comments:

Post a Comment