Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Thursday 7 January 2016

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Sudah menjadi hal yang wajar jika saat hamil, terjadi perubahan pada postur tubuh seorang ibu. Berat badan ibu akan mengalami kenaikan sehingga beberapa bagian tubuh juga membesar. Begitu pula pasca melahirkan sang buah hati. Perut ibu memang akan kembali mengecil secara normal namun dengan waktu tertentu. Umumnya, perut ibu akan kembali normal setelah sepuluh minggu pasca melahirkan. 
Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Bagi wanita yang pekerjaannya menuntut untuk tampil langsing, waktu tersebut adalah waktu yang lama. Berbagai cara pun mulai dicoba untuk bisa mengecilkan perut lebih cepat. Lama waktu yang diperlukan setiap ibu berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti :
  • Berapa kg kenaikan berat badan saat hamil
  • Kebiasaan olahraga selama hamil
  • Pemberian  ASI secara langsung
  • Berapa kali melahirkan. 
Ibu yang kenaikan berat badannya dalam rentang normal dan rajin berolahraga selama hamil akan lebih cepat mengecilkan perut setelah melahirkan. Begitu pula dengan ibu yang memberikan ASI secara langsung dan baru pertama kali melahirkan, akan lebih cepat mengecilkan perut. 

Nah, setelah mengetahui faktor diatas, selanjutnya berikut ini cara alami yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan dengan lebih cepat. 

1. Olahraga Ringan
Olahraga baik dilakukan sebelum kehamilan, selama kehamilan dan setelah melahirkan. Setelah melahirkan, olahrga dapat mempercepat mengecilkan perut ibu. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki setiap pagi dan sore hari.


2. Minum Air Putih 
Air putih memiliki kelebihan dibandingkan air minum yang lain. Air putih membantu menetralkan racun dalam tubuh, melancarkan pencernaan dan melangsingkan tubuh secara alami. Minum air putih minimal delapan gelas per hari tergantung pada kondisi masing-masing.


3. Memberikan ASI secara langsung
Menyusui buah hati bukan hanya bentuk kasih sayang pada buah hati namun juga penting bagi sang ibu. Saat menyusui terjadi kontraksi yang mmembuat kalori dalam perut dapat terbakar dengan cepat sehingga berat badan menurun.  


4. Atur pola makan
Setelah melahirkan, asupan makan ibu harus tetap bergizi dan seimbang. Hal ini penting untuk menjaga produksi ASI tetap baik dan lancar. Namun, jangan pula berlebihan dengan membatasi konsumsi makanan berlemak dan menggantinya dengan yang rendah lemak dan rendah kalori. Dengan begitu, berat badan akan terkontrol dengan baik dan menurun. 


Kunci dari mengecilkan perut adalah pola hidup sehat, olahraga teratur dan diet sehat tanpa mengurangi asupan makanan yang bergizi untuk buah hati. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

0 comments:

Post a Comment