Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Friday, 8 January 2016

5 Tanda Anda Harus Mulai Berkacamata

Kesehatan mata tak boleh dipandang sebelah mata. Apalagi dengan semakin banyaknya perangkat teknologi yang memanjakan mata. Perangkat teknologi tidak hanya mempermudah aktivitas namun, juga sebagai tantangan untuk merawat kesehatan mata. Menonton televisi terlalu dekat, bekerja di depan monitor terlalu lama, bermain hape sambil tiduran setiap hari akan membuat mata kita cepat lelah. Akibatnya, mata menjadi stres dan saraf mata terganggu. 
5 Tanda Anda Harus Mulai Berkacamata

Jika sudah demikian, maka kita harus segera memeriksakan mata untuk mengetahui gangguan yang terjadi. Umumnya, penderita gangguan mata akan disarankan menggunakan kacamata untuk membantu penglihatannya. Tapi, tak semua orang secara sadar mengetahui bahwa matanya sedang bermasalah. Nah, untuk mengetahui keadaan mata Anda, apakah sudah saatnya berkacamata, berikut ini beberapa tanda yang menyertainya. 

1. Sering Menyipitkan Mata
Saat melihat benda dalam jarak jauh seringkali seseorang menyipitkan mata untuk memperjelas apa yang dilihatnya. Ini merupakan tanda bahwa ia harus menggunakan kacamata. Menyipitkan mata dimaksudkan untuk memperkecil pupil mata sehingga benda dapat terlihat dengan jelas. 

2. Sering Pusing 
Saat terlalu lama di depan monitor atau menonton tv, tiba-tiba terasa pusing di kepala. Rasa pusing ini bisa terjadi karena mata terlalu lelah untuk terus fokus pada suatu benda. Rasa pusing bisa terus muncul saat kita melihat benda dalam waktu lama. Bahkan, rasa pusing akibat gangguan mata ini bisa berkembang manjadi rasa nyeri di kepala.

3. Sulit Membaca Dalam Jarak Dekat
Umumnya orang berusia diatas 40 tahun mulai merasakan susahnya membaca tulisan dalam jarak dekat. Hal ini karena penurunan kerja lensa mata dipengaruhi oleh faktor usia. Untuk keadaan seperti ini Anda dapat mengatasinya dengan manggunakan kacamata yang sesuai.

4. Salah Memperkirakan Jarak
Jika saat memperkirakan jarak atau kedalaman tertentu kita sering salah, berarti ada gangguan pada mata. Kepekaan mata dalam mempersepsikan jarak dapat berbahaya jika dialami oleh sopir atau pekerja. 

5. Cepat Lelah
Pernahkah Anda merasa cepat lelah, padahal baru saja bekerja sebentar di depan monitor atau saat membaca buku? Aalagi jika saat kita memaksakan diri, penglihatan menjadi sedikit kabur. Ini merupakan indikasi kerja mata menurun karena gangguan tertentu. 

Nah, jika kita sering merasakan kelima kondisi diatas, sudah tandanya kita harus mulai berkacamata. Namun, sebelum memutuskan untuk berkacamata, periksakan dulu pada dokter mata perihal gangguan yang Anda miliki. Dokter akan memberikan saran kacamata yang cocok untuk memperjelas penglihatan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tanda Anda Harus Mulai Berkacamata

0 comments:

Post a Comment