Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Wednesday 6 January 2016

5 Bahaya Memakai Korset Terlalu Sering

Wanita selalu punya cara untuk tampil langsing, cantik dan menarik. Salah satunya dengan menggunakan korset. Korset merupakan pakaian dalam yang dililitkan pada dada, perut dan pinggul agar terlihat rata, ramping dan menarik. 

5 Bahaya Memakai Korset Terlalu Sering

Namun, kebiasaan menggunakan korset terlalu sering justru tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika korset digunakan dengan cara yang salah. Korset seharusnya hanya digunakan sesuai kebutuhan saja dan tidak bisa dipakai setiap waktu. Selain itu, tidak semua orang boleh menggunakan korset. Mereka yang menderita hernia atau memiliki bekas luka tidak boleh menggunakan korset. 

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 bahaya jangka panjang yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan memakai korset terlalu sering. 

1. Melemahkan Otot 
Semakin lama menggunakan korset maka otot-otot pada tubuh bisa menjadi lemah. Pasalnya, otot di dalam tubuh bekerja sangat keras mengikuti lekuk tubuh saat memakai korset. Otot di bagian perut akan tergantikan oleh korset sehingga semakin lama semakin lemah. Sebaiknya, gunakan korset sesuai kebutuhan dalam waktu seimbang. Jika korset digunakna selama 5 jam maka biarkan tubuh tanpa korset setidaknya 5 jam pula agar otot kembali relaks. 

2. Gangguan pernapasan
Pemakaian korset dari dada, perut hingga pinggul membuat pernapasan terganggu. Saat bernafas, rongga dada akan mengembang dan diafragmanya turun ke bawah. Dengan menggunakan korset, gerak leluasa saat mengembang dan turun ke bawah akan terhambat. Akibatnya, pengguna korset umumnya akan bernafas pendek karena masuknya udara untuk mengisi paru-paru terhambat. 

3. Alergi Kulit
Orang yang memiliki kulit sensitif lebih cenderung mudah terkena alergi kulit. Hal ini karena penggunaan korset yang melekat kuat pada kulit dan membuat tubuh menjadi panas. Akibatnya rasa tidak nyaman dan muncul radang kemerahan pada kulit.

4. Pembengkakan Tungkai
Saat memakai korset, aliran darah menjadi terhambat sehingga aliran darah dari dan menuju jantung melambat. Akibatnya kaki menjadi kebal dan semakin lama tungkai menjadi bengkak. 

5. Chlorosis (greensickness)
Memakai korset terlalu sering membuat otot punggung di bagian bawah dipaksa untuk memberi dukungan tambahan. Kondisi ini bisa memicu berhentinya pertumbuhan tulang belakang. Dokter memprediksi resiko paling parah dalam pemakaian korset adalah chlorosis (greensickness). Hal ini ditandai dengan kulit menjadi putih kehijauan karena adanya gangguan empedu.

Nah, pemakaian korset terlalu sering ternyata bahaya juga untuk jangka panjang. Oleh karena itu, kurangi pemakaian korset hanya pada saat yang dibutuhkan. Lebih penting lagi, bahwa korset hanya menampakkan kondisi yang ramping. Untuk membuat tubuh langsing secara alami tentu harus mengurangi lemak pada tubuh dengan diet sehat dan olahraga yang teratur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Bahaya Memakai Korset Terlalu Sering

0 comments:

Post a Comment