Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Thursday 24 September 2015

Tips Membuat Salad yang Enak dan Sehat

Salad merupakan sajian makanan yang terbuat dari sayuran segar, pasta dan kacang-kacangan. Salad juga bisa dikolaborasikan dengan buah yang memiliki vitamin tinggi ataupun daging dan seafood. Salad sering dijadikan sebagai makanan pendamping diet sehat. Hal ini sangat sesuai karena salad kaya akan serat, rendah kalori dan bergizi tinggi.

Tips Membuat Salad yang Enak dan Sehat
Salad kaya akan nutrisi karena sayur dan buah dibuat tanpa proses memasak. Salad dibuat dari sayuran, buah dan bahan-bahan lain yang masih segar, sehingga diperlukan cara memilih dan mencuci yang benar. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kontaminasi sisa pestisida atau bahan kimia lain yang terkandung di dalamnya. Dalam memilih sayuran/buah untuk salad ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :
  • Pilihlah sayur/buah yang berwarna cerah dan segar. Hindari bahan yang berwarna kusam dan layu.
  • Jika terdapat tulang batang maka pastikan dalam keadaan yang mudah dipatahkan.
  • Dari aroma, pilihlah sayuran/buah beraroma segar, tidak tercium aroma bahan kimia.
  • Pilihlah sayuran/buah yang bentuknya bagus, tidak cacat atau busuk.
  • Cuci sayur/buah dengan sebersih mungkin. Terutama buah yang dimakan langsung dengan kulitnya.
Tips Membuat Salad yang Enak dan Sehat
Setelah mendapatkan sayur dan buah segar, selanjutnya berikut ini tips membuat salad yang enak dan sehat.

1. Hindari krim kaya kalori

Krim kaya kalori akan mengurangi khasiat salad sebagai makanan pendamping diet sehat. Sebaiknya ganti krim kaya kalori dengan minyak zaitun atau cuka. Kedua bahan ini tidak hanyak menambah rasa enak namun juga lebih sehat.

2.  Minimalkan saus

Saus memang memberikan tambahan rasa pada salad. Namun, saus juga menyimpan akumulasi kalori jika digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya pisah salad dan saus. Saat Anda ingin menikmati rasa tambahan, celupkan pada saus sebelum dimakan. Hal ini bisa mengurangi penggunaan saus pada salad.

3. Sayuran bergizi tinggi

Salah satu indikasi sayuran bergizi tinggi yaitu sayuran yang memiliki warna hijau tua. Misalnya bayam berwarna hijau tua dan sayur lainnya yang berwarna cerah dan tajam.

4. Protein sehat

Salad sehat dan enak bisa ditambahkan dengan protein sehat. Protein sehat dapat dilihat dari bahannya dan cara memasaknya. Misalnya : ayam panggang, tahu kukus, udang dan telur rebus. Hindari toping bahan yang digoreng.

5. Tambahkan buah segar

Buah segar menjadi bagian penting dalam salad. Buah-buahan yang bisa ditambahkan yaitu irisan jeruk, mangga, stroberi dan buah lainnnya. Kombinasi rasa dan manfaat salad ini akan menjadi lebih enak dan sehat. 
Tips Membuat Salad yang Enak dan Sehat

Salad dapat dibuat dengan mudah dan cepat. Salad adalah makanan praktis yang kaya manfaat dan juga enak. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik pilihan bahan yang digunakan, cara membersihkan dan cara memasak. Salad dapat menjadi pendamping diet yang sehat sekaligus program menurunkan berat badan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Membuat Salad yang Enak dan Sehat

0 comments:

Post a Comment