Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Friday 11 September 2015

Manggis, Rahasia Sehat dan Cantik Wanita

Buah manggis (Garcinia mangostana) dikenal dengan buah yang enak dan kaya manfaat. Buah ini tak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan, namun juga untuk kecantikan kaum wanita. Bahkan, manggis tak hanya dapat dinikmati daging buahnya saja, kulitnya pun dapat diolah dan memiliki manfaat yang luar biasa. 

Daging Buah Manggis

Manggis, Rahasia Sehat dan Cantik Wanita

Daging buah berwarna putih dengan rasa sedikit asam dan manis ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Nah, untuk menambah pengetahuan kita tentang manfaat buah manggis, mari kita simak ulasan berikut ini. 

1. Anti Kanker
Buah manggis memiliki zat xanthone yang dapat menghambat tumbuhnya sel kanker. Mengkonsumsi buah manggis dalam jumlah yang cukup dipercaya dapat mencegah dan memerangi kanker. Senyawa lain yang sedang diteliti untuk mengobati kanker yang terkandung dalam buah manggis yaitu senyawa garcinone E. 

2. Meningkatkan Sistem Imun 
Kandungan catechins pada buah manggis dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) karena kandungannnya setara dengan vitamin C dan E. Seperti kita tahu bahwa vitamin C dan E dapat menangkal radikal bebas dan memperkuat sistem imun tubuh. 

3. Menurunkan Berat Badan
Buah manggis cocok dijadikan pendamping menu diet karena kandungan kalorinya yang rendah. Buah manggis hanya mengandung 63 kalori per 100 gr dan tidak mengandung lemak jenuh. Bahkan, buah ini kaya akan serat makanan yaitu 13% RDA dari 100 gr. 

4. Anti Peradangan
Buah manggis dapat menghambat pelepasan histamin dan prostaglandin yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh manusia. Sehingga mengkonsumsi buah manggis dipercaya dapat mencegah peradangan dan alergi pada tubuh. 

5. Kesehatan Kulit
Kandungan manggis sebagai antibaketeri, antialergi dan antioksidan yang besar sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan ini dapat mengurangi resiko radang kulit, eksim, infeksi dan penuaan dini. 

6. Melancarkan Peredaran Darah
Kandungan nutrisi pada buah manggis mampu meningkatkan aliran darah sehingga pembuluh darah melebar. Hal ini akan membuat sel darah merah lancar dan mencegah anemia. Selain itu, khusus bagi wanita hal ini dapat membantu melancarkan menstruasi.

Kulit Buah Manggis

Manggis, Rahasia Sehat dan Cantik Wanita

Kulit buah manggis juga tak kalah hebatnya. Kandungan xanthone pada kulit manggis juga tergolong tinggi sehingga layak jika disebut memiliki antioksidan tinggi. Xanthone dalam kulit manggis mencapai 123, 97 mg/ml. Berikut ini beberapa manfaat kulit manggis.

1. Anti Kanker
Kulit buah manggis juga mengandung xanthone yang merupakan antioksidan tinggi dan berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Tentu sebelum mengkonsumsinya harus diolah terlebih dahulu. 

2. Mengatasi Diare
Rebusan kulit manggis ampuh juga digunakan untuk mengatasi diare dan gejala penyakit lainnya seperti disentri, demam, dan gangguan saluran kencing.

3. Menyembuhkan Sariawan
Kulit buah manggis juga mengandung vitamin C yang banyak sehingga dapat menyembuhkan sariawan. Caranya dengan berkumur menggunakan rebusan kulit manggis. 

4. Meremajakan Kulit
Kulit buah manggis sering digunakan sebagai obat awet muda. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya mampu mencegah penuaan dini dan mempercepat regenerasi sel kulit. Kulit manggi untuk kesehatan dan kecantikan kulit dapat digunakan sebagai masker atau jus kulit manggis.

Cara membuat ramuan kulit manggis :
Lain halnya dengan daging buah kulit manggis yang langsung dapat dimakan, kulit manggis harus diolah dulu sebelum digunakan. Hal ini karena kandungan kulit manggis dan getahnya dapat menimbulkan alergi jika tak diolah dengan benar. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara menggunakan kulit manggis. 
  • Masker wajah
  • - Ambil beberapa kulit manggis lalu cuci hingga bersih
    - Tambahkan air secukupnya lalu blender sampai halus
    - Peras hasil blender lalu diamkan hingga muncul endapan
    - Buang endapan air yang mengambang dan gunakan sebagai masker wajah
    - Lakukan setiap malam sebelum tidur dan bersihkan di pagi harinya.
  • Jus kulit manggis
  • - Ambil beberapa kulit manggis lalu cuci hingga bersih
    - Tambahkan air secukupnya lalu blender hingga halus
    - Saring dan minum sebelum tidur
  • Sirup kulit manggis
  • - Ambil beberapa kulit manggis dan cuci hingga bersih
    - Rebus dengan 4 gelas air dan sisakan hingga setengahnya
    - Saring air hasil rebusan, lalu minum 2-3 kali sehari
    - Tambahkan madu jika ingin rasa lebih manis
Kesimpulan

Buah manggis dapat dimanfaatkan daging buah maupun kulitnya. Keduanya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan maupun kecantikan. Namun, perlu diperhatikan cara mengkonsumsinya. Buah manggis dapat langsung dinikmati sedangkan kulit buah manggis harus diolah terlebih dahulu. Selain itu, perhatikan efek samping yang ditimbulkan saat mengkonsumsi kulit manggis. Beberapa orang mengalami alergi. Hal ini bisa disebabkan karena pengolahan yang belum benar atau memang efek alami yang ditimbulkan. Jika Anda ingin praktis maka dapat membeli produk olahan kulit manggis dalam bentuk kapsul yang banyak beredar saat ini. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manggis, Rahasia Sehat dan Cantik Wanita

1 comments: