Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Saturday 19 September 2015

Ketahui 7 Jenis Diet Sehat Untuk Wanita

Diet merupakan salah satu usaha untuk menurunkan berat badan yang paling sering dilakukan oleh para wanita. Secara bahasa, diet memiliki arti "a way of life". Tentu jalan hidup yang dimaksud disini yaitu pengaturan pola makan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Biasanya, tujuan diet yaitu menurunkan berat badan, membuat tubuh langsing dan membentuk tubuh indah.
Ketahui 7 Jenis Diet Sehat Untuk Wanita

Kini, ada berbagai jenis program diet sehat yang berkembang dengan beragam pola yang berbeda. Namun, seiring kesadaran tentang kesehatan, program diet tidak lagi menyiksa dan berakibat buruk bagi kesehatan. Program diet sehat dapat dinikmati, tidak menyiksa diri dan beririsan dengan pola hidup sehat. 

Dari sekian banyak jenis diet sehat yang ditawarkan, Anda dapat memilih mana yang cocok dengan pola aktivitas Anda. Nah, mari kenali 7 jenis diet sehat untuk wanita berikut ini agar semakin mudah Anda menentukan jenis diet yang tepat. 

1. Diet Sehat dengan Food Combining

Jenis diet sehat untuk wanita yang pertama yaitu food combining. Food combining ini tidak membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi, namun mengatur pola makan apa yang dimakan, kapan waktu makannya dan cara memakan yang benar. Dengan memperbaiki pola makan seperti ini, food combining pada dasarnya tidak hanya menjadi program diet namun juga gaya hidup sehat. 

Food combining bertujuan untuk mendapatkan konsisi homeostatis yaitu kondisi ideal tubuh saat seluruh fungsi berjalan dengan sempurna. Tanda tubuh dalam keadaan homeostatis adalah pH tubuh berada dalam kisaran netral (7,0). Pola makan yang tidak baik menyebabkan tubuh berada pada rentang pH asam (kurang dari 7) sehingga lebih mudah terserang penyakit. Jika fungsi tubuh berjalan baik, maka makanan akan terserap sempurna dan maksimal.

Wajar jika kini food combining semakin marak diikuti oleh beragam kalangan yang menginginkan hidup lebih sehat dan tidak jarang sakit. Khusus wanita, diet sehat dengan food combining sangat diminati karena tidak menyiksa diri dan terbukti menurunkan berat badan sekaligus menjaga tubuh tetap sehat.

2. Diet Sehat dengan Vegetarian

Vegetarian dapat menjadi diet sehat bagi wanita yang terbukti ampuh. Vegetarian menekankan pada konsumsi sayuran dan buah serta tidak mengonsumsi olahan hewani. Diet sehat dengan vegetarian ini tidak hanya menurunkan berat badan dengan cepat karena minim sangat lemak jenuh yang dikonsumsi. Namun juga, menjauhkan resiko penyakit karena kandungan sayuran dan buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi. 

Diet vegetarian terbagi menjadi beberapa jenis seperti lacto vegetarian, lacto-ovo-vegetarian, living food diet vegetarian, pescovegetarian dll. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang menjalankan diet vegetarian memiliki berat badan yang lebih rendah dan harapan hidup yang lebih lama.

3. Diet Sehat dengan Atkins Diet

Jenis diet sehat selanjutnya yaitu atkins diet. Atkins diet bisa juga kita sebut dengan diet karbohidrat karena sangat membatasi karbohidrat yang dikonsumsi. Kita tahu bahwa karbohidrat mengandung banyak kalori yang mengakibatkan tubuh menerima kadar gula dalam jumlah tinggi sekaligus. Hal ini merupakan pemicu kegemukan dan rentan terhadap resiko penyakit. 

Diet karbohidrat sangat membatasi jumlah karbohidrat dengan menggantinya dengan makanan rendah karbohidrat seperti gandung dan oatmeal. Selain itu, diet atkins memperbolehkan konsumsi sayur, buah, lemak dan protein. 

4. Diet Sehat dengan Zona Diet

Zona diet merupakan jenis diet sehat yang memadukan asupan nutrisi yang dikonsumsi yaitu 40% karbohidrat, 30% protein dan 30% lemak. Pola konsumsi seperti ini akan membuat tubuh tetap menerima kalori dan nutrisi yang dibutuhkan namun dengan kadar yang dibatasi. Sehingga kadar gula darah tetap terkontrol. 

Diet sehat dengan zona diet ini disinyalir dapat menurunkan berat badan hingga 1,5 kg dalam waktu satu minggu. Namun, Anda perlu teliti dan bersabar dalam menerapkan pola diet ini karena perhitungan komposisinya. Konsisten menerapkan zona diet ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

5. Diet Sehat dengan Raw Food


Jenis diet sehat untuk wanita selanjutnya yaitu raw food. Raw food memiliki panduaan hanya memperbolehkan mengonsumsi makanan mentah dan setengah matang. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kadar vitamin dan zat lain yang tersimpan dalam makanan. 

Menerapkan diet sehat dengan raw food tidak hanya membuat berat badan turun namun juga membuat tubuh mejadi lebih cantik. Namun, perlu diperhatikan cara membersihkan makanan tersebut. Cuci hingga benar-benar bersih untuk menghilangkan kandungan pestisida atau pengawet lainnya. 

6. Diet Sehat sesuai dengan Golongan Darah 


Diet sehat sesuai dengan golongan darah pada dasarnya masih mengalami pro dan kontra terkait dengan keilmiahannya. Namun, ada beberapa orang yang menerapkan jenis diet ini dan mengalami keberhasilan penurunan berat badan. 

Diet sehat ini mengklasifikasikan diet berdasarkan golongan darah. Seperti : golongan darah A dianjurkan sebagai vegan, karena cenderung memiliki resiko kardiovaskular; golongan B dapat mengonsumsi beragam makanan terutama olahan susu, daging, dan ikan; golongan AB merupakan pola makan gabungan golongan darah A dan B; serta golongan darah O dianjurkan mengonsumsi protein tinggi dan rendah karbohidrat karena cenderung lebih cepat mengalami kenaikan berat badan.

Meskipun demikian, jika Anda penasan maka silakan mencobanya. Diet ini dipercaya dapat mengembalikan ritme tubuh dan kestabilan emosi. rena banyak pro kontra di dalamnya.

7. Diet Sehat dengan OCD (Obsessive Corbuzier's Diet)

Jenis diet sehat yang terakhir yaitu OCD. OCD diperkenalkan dan diujicoba pertama kali oleh Deddy Corbuzier. Deddy berhasil menurunkan berat badannya dan membentuk tubuhnya dengan pola diet yang diperkenalkannya. Pola diet ini ia temukan setelah beberapa kali menerapkan pola diet yang telah ada dan selalu gagal. 

Prinsipnya, OCD tidak melarang konsumsi makanan apapun, namun hanya mengatur jam makan. Dalam jam makan tersebut (8 jam, 6 jam, 4 jam) Anda diperbolehkan makan apapun. Diluar jam tersebut Anda harus puasa makan, hanya minum air putih yang diperbolehkan. Anda juga dianjurkan melakukan gerakan olahraga untuk membentuk tubuh yang diinginkan.

Penutup
Ketahui 7 Jenis Diet Sehat Untuk Wanita

Mengetahui jenis diet sehat yang tepat sangatlah penting agar Anda dapat memilih diet yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Diet sehat adalah jalan hidup sehingga apapun ketentuan atau aturan yang ada didalamnya harus Anda ikuti secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga jika dirumuskan ada 2 kunci sukses dalam diet yaitu disiplin dan konsisten.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ketahui 7 Jenis Diet Sehat Untuk Wanita

0 comments:

Post a Comment