Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Monday 21 September 2015

Cara Merawat Kesehatan Kulit Wanita

Merawat kesehatan kulit merupakan kebiasaan wajib bagi sebagian besar wanita. Kesehatan kulit dapat memancarkan kecantikan, tidak hanya dari luar tapi juga dari dalam diri. Kulit yang sehat terawat akan nampak segar, kencang, dan lembut. 

Cara Merawat Kesehatan Kulit Wanita

Untuk mendapatkan kulit sehat, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Mulai dari perawatan dari dalam menggunakan obat-obatan (suplemen) dan makanana yang bergizi, juga perawatan dari luar dengan produk-produk kecantikan. Berikut ini cara merawat kesehatan kulit bagi wanita.

1. Gunakan tabir surya

Cara merawat kesehatan kulit yang pertama yaitu dengan rutin menggunakan tabir surya setiap keluar rumah. Pasalnya, sinar matahari dapat mengganggu kesehatan kulit seperti kerutan, kendur dan kelainan kulit lainnya. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 dengan kandungan titanium dioksida dan avobenzena.

2. Gunakan scrub

Selanjutnya, merawat kesehatan kulit dengan menggunakan scrub. Scrub berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati dan memberikan nutrisi bagi kulit. Selain itu, saat dilakukan pemijatan maka dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Scrub dari bahan alami juga mampu memberikan kelembaban bagi kulit sekaligus sebagai antioksidan. 

3. Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan kulit dari dalam. Mengonsumsi sayur dan buah setiap hari dapat memberikan antioksidan dan nutrisi bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin, mineral dan berbagai nutrisi di dalam sayur dan buah beraneka warna dapat menjaga kulit dari serangan penyakit. 

4. Konsumsi olahan kacang

Olahan kacang bisa juga diandalkan sebagai bahan untuk merawat kesehatan kulit wanita. Kandungan protein dan vitamin di dalam kacang-kacangan dapat memberikan perlindungan bagi kesehatan kulit, sekaligus sebagai sumber estrogen alami bagi wanita. Olahan kacang yang dapat dikonsumsi seperti susu kedelai, tahu, tempe, kacang tanah, biji adas dan lain sebagainya.

5. Penuhi kebutuhan air

Air tidak hanya penting bagi kelancaran sistem kerja tubuh, namun juga kesehatan kulit. Air erat kaitannya dalam menjaga kelembaban kulit, dan ph alami. Sehingga kulit terlihat lebih segar, cerah dan cantik. 

6. Minum teh hijau

Teh hijau terbukti membantu merawat kesehatan kulit wanita lebih maksimal. Wanita yang rajin mengonsumsi teh hijau minimal 2 cangkir setiap harinya memiliki kulit yang lebih sehat, cantik terawat. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk kecantikan kulit. Teh hijau adalah salah satu rahasia kecantikan wanita jepang. 

7. Olahraga

Cara merawat kesehatan kulit yang terakhir yaitu olahraga. Inilah kunci dari kesuksesan merawat kulit secara alami. Olahraga berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, melancarkan sistem peredaran darah, memberikan oksigen segar bagi kulit sehingga mempercepat pembentukan sel kulit baru. Rutinlah berolahraga minimal 3 kali seminggu dengan olahraga yang Anda suka seperti jogging, senam, berenang dan olahraga lainnya. 

Selain melakukan ketujuh cara merawat kesehatan kulit diatas, wajib juga menghindari beberapa pantangan yang dapat merusak kulit berikut ini. 
  • Kurangi konsumsi gula. Kelebihan gula dalam tubuh dapat menguragi kolagen dalam kulit yang menjaga kekenyalan kulit. Kelebihan gula juga menghambat pertumbuhan sel sehingga memicu penyumbatan pori dan peningkatan produksi minyak.
  • Hindari makanan pedas. Makanan pedas memperburuk proses perbaikan kulit dan melebarkan pembuluh darah.
  • Kurangi makanan laut dan lemak jenuh. makanan laut dan lemak jenuh dapat memicu tumbuhnya jerawat. 
  • Hindari junk food. Makanan seperti junk food mengandung cukup banyak gula, lemak jenuh, dan minim kandungan nutris bagi kulit. 

Merawat kesehatan kulit tidak hanya dari dalam diri dengan suplemen dan makanan bergizi namun juga dari luar dengan olahraga dan produk-produk kecantikan sebagai nutrisi kulit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Kesehatan Kulit Wanita

0 comments:

Post a Comment