Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Sunday 30 August 2015

7 Bahaya High Heels Bagi Kesehatan Wanita

High heels (sepatu hak tinggi) saat ini seperti sebuah keharusan bagi wanita yang ingin tampil anggun dan cantik. High heels sendiri sering digunakan agar terlihat lebih tinggi dan memperindah bentuk betis sehingga meningkatkan kepercayaan diri wanita. 

7 Bahaya High Heels Bagi Kesehatan Wanita
efek memakai high heels
Seiring perkembangannya, high heels menjelma menjadi sepatu berhak tinggi dan lancip yang tak pernah absen menghiasi selebriti dunia. Memang high heels memberikan efek seksi dan anggun, tapi kamu harus tahu juga bahaya yang mengintai dibaliknya. Nah, berikut ini beberapa bahaya memakai high heels bagi kesehatan wanita.

1. Sakit pinggang dan punggung 

Pada awal-awal mengguanakan high heels kamu akan merasakan sakit di area pinggang dan punggung serta kaki. Pinggang akan terasa pegal sedangkan punggung akan terasa sakit karena memberikan tumpuan pada tubuh untuk terus berdiri tegak. 

2. Kram kaki

Kaki mulai dari paha hingga pergelangan kaki akan terasa tegang dan kram karena menahan berat badan secara keseluruhan. Saat berdiri lama menggunakan high heels maka kaki akan semakin nyeri dan kaku. Bahkan, bisa terjadi peradangan pada jemari kaki jika bahan sepatu terlalu keras.

3. Varises

Varises bisa terjadi jika terlalu lama memakai high heels. Otot tumit bagian belakan serta betis menegang dan memicu pembuluh darah tertekan. 


Kapalan pada kaki merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk melindungi kaki dari gesekan dan tekanan berlebih. Biasanya kapalan akan terbentuk pada tumit, jempol dan lengkungan kaki. Kapalan adalah penebalan sel kulit mati yang bisa terasa sakit jika terus tertekan.

5. Bunions

Bunions adalah benjolan menonjol di bagian dalam kaki disekitar jempol kaki. Bunions menyebabkan kondisi kaki depan (jari kaki) tumpang tindih. Gejala bunions adalah peradangan, pembengkakan, dan nyeri pada permukaan sisi jempol kaki. 

6. Morton's Neuroma

Morton's neuroma adalah cedera pada pertengahan telapak kaki dan jari kaki karena pemakaian high heels atau sepatu yang kesempitan. Cedera ini semakin lama akan terasa tajam, panas, kesemutan bahkan mati rasa. 

7. Perubahan gaya berjalan

Sebuah penelitian menemukan bahwa memakai high heels setiap hari dapat menyebabkan perubahan gaya berjalan. Mereka yang selalu memakai high heels cenderung memiliki langkah yang lebih pendek, menyentak dan posisi kaki tertekuk akibat otot yang lebih sering tertekan.

7 Bahaya High Heels Bagi Kesehatan Wanita
high heels aman : bahan dan pemakaian
Menggunakan high heels untuk keperluan tertentu memang tidak ada salahnya. Namun, perlu juga memilih dan mengatur pemakaiannya untuk meminimalisir resiko yang ditimbulkan. Pilihlah sepatu dengan bahan yang nyaman, lembut dan sesuai dengan stuktur kaki. Yang terpenting adalah atur pemakaiannya jangan terlalu lama dan terlalu sering.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Bahaya High Heels Bagi Kesehatan Wanita

0 comments:

Post a Comment