Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Wednesday 30 March 2016

4 Kebiasaan Ini Kuatkan Tulang Wanita

Wanita lebih berpotensi mengalami osteoporosis dibandingkan pria. Osteoporosis merupakan kondisi tulang menjadi lemah sehingga mudah patah. Ada beberapa penyebab wanita lebih rentan mengalami pelemahan tulang, diantaranya : faktor hormon dan struktur tulang pada wanita. Wanita memiliki massa tulang 30% lebih sedikit dibandingkan pria sehingga lebih rentan mengalami osteoporosis. Faktor ini dapat diperparah pada wanita yang memiliki tulang kecil dan berat badan yang tinggi.

4 Kebiasaan Ini Kuatkan Tulang Wanita

Meskipun demikian, resiko osteoporosis ini dapat diminimalisir dengan beberapa kebiasaan yang menguatkan tulang. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan untuk menguatkan tulang wanita.

1. Berjalan 
4 Kebiasaan Ini Kuatkan Tulang Wanita

Menurut terapis fisik dari departemen kesehatan New York Institude of Technology, berjalan secara inheren baik untuk tulang. Berjalan dapat menambah lebih banyak beban dan menekan tulang untuk membangun lebih banyak sel. Sejalan dengan hal tersebut, hasil penelitian dari New England Journal of Medicine mengungkapkan berjalan dapat mengurangi resiko patah tulang pinggul hingga 30%. 

Selain itu, menurut penelitian dalam jurnal Osteoporosis, variasi berjalan seperti berjalan mundur atau ke samping dapat meningkatkan kepadatan tulang. Peneliti tersebut menyarankan untuk berjalan ke samping selama 30 detik, berjalan mundur 30 detik dan di ulangi 3 sampai 5 menit.

2. Naik tangga
4 Kebiasaan Ini Kuatkan Tulang Wanita

Naik turun tangga juga bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk tulang. Naik turun tangga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan menghindari stress. Bahkan, menurut para peneliti, naik turun tangga selama 10 menit dapat meningkatkan kekuatan mental. Bagi Anda para wanita yang hobi naik gunung, hobi tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda.

3. Jogging
4 Kebiasaan Ini Kuatkan Tulang Wanita

Jogging merupakan olahraga sederhana yang kaya manfaat. Wanita yang sering jogging, setidaknya 4 kali seminggu memiliki resiko patah tulang pinggul yang lebih kecil. Jogging bisa meringankan penderita nyeri punggung dan masalah sendi. Lebih hebatnya lagi, jogging merupakan salah satu rahasia umur panjang masyarakat Jepang.

4. Melompat
4 Kebiasaan Ini Kuatkan Tulang Wanita

Wanita berusia 25-50 tahun yang melompat 20 kali dalam 2 kali sehari selama 4 bulan berturut-turut dapat meningkatkan kepadatan tulang pinggulnya. Hal ini tentu merupakan salah satu cara yang baik untuk melindungi tulang dari osteoporosis. 

Melindungi kesehatan tulang wanita dari osteoporosis sangat penting dilakukan. Tulang merupakan penyangga tubuh yang berperan sangat dominan dalam kehidupan. Lakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat membuat tulang lebih kuat dan sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Kebiasaan Ini Kuatkan Tulang Wanita

2 comments: