Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Wednesday 30 September 2015

Cara Menghilangkan Efek Kafein Dari Dalam Tubuh

Tentu kita sudah tak asing lagi dengan kafein. Kandungan utama dari kopi yang sering kita nikmati ini ternyata tidak hanya mengandung efek positif tapi juga banyak efek negatifnya lho. Terutama jika berlebihan dalam mengonsumsi kopi. 

Khusus bagi wanita, kandungan kafein dapat menyebabkan gangguan metabolisme, gangguan kehamilan, sindrom caffenism dan memperparah PMS. Oleh karena itu, perlu adanya kontrol dalam mengonsumsi kopi. Kurangi kadar kopi dan minumlah dalam waktu yang tepat agar tidak kecanduan. 
Cara Menghilangkan Efek Kafein Dari Dalam Tubuh

Jika Anda sudah terbiasa hingga tahap kecanduan, maka segera meminimalkan resiko yang ditimbulkan. Efek kafein yang terlanjur menumpuk di dalam tubuh masih dapat dihilangkan dengan beberapa cara. Berikut ini cara menghilangkan efek kafein dari dalam tubuh. 

1. Minum banyak air putih

Kafein memiliki efek diuretik pada tubuh. Tubuh akan merespon dengan sering buang air kecil. Jika tidak dibarengi dengan minum banyak air putih, tubuh bisa menjadi dehidrasi. Selain itu, minum banyak air putih juga dapat memperlancar sistem kerja tubuh dan kerja ginjal. Dengan demikian, efek kafein dapat dihilangkan dengan lebih cepat.

2. Makan buah pisang

Kafein dalam kopi bekerja dengan mengurangi cairan tubuh dan membuang keseimbangan elektrolit. Jika keseimbangan ini terganggu, tubuh akan terkena sindrom caffenism seperti gelisah, susah tidur, depresi, cemas dan lainnya. Untuk menghilangkan efek tersebut, makan buah pisang adalah cara yang tepat. Kandungan kalium, kalsium dapat membantu menghilangkan efek kafein dan membantu gula darah dalam tubuh. 

3. Minum teh herbal

Ada baikya untuk menggantikan peran kopi dalam rutinitas, teh herbal dapat menjadi pilihan yang tepat. Teh herbal tidak mengandung kafein bahkan dapat membantu menghilangkan efek kafein dari dalam tubuh. Teh herbal dapat memperlancar pencernaan dan melindungi sel-sel dalam tubuh.

4. Olahraga

Olahraga dapat membantu menghilangkan efek kafein lebih cepat. Tubuh yang digerakkan dapat memperlancar metabolisme dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan olahraga Anda juga akan minum lebih banyak sehingga mencegah dehidrasi. Lakukan olahraga ringan secara rutin seperti jogging, berjalan, yoga, dan olahraga lainnya. 

5. Minum susu

Susu sejak dulu dikenal sebagai minuman sehat yang dapat menjadi penawar makanan dan minuman yang berefek negatif bagi tubuh. Susu dapat memberikan rasa rileks dan nyaman karena kandungan tryptophan di dalamnya. Susu juga dapat mengembalikan kadar kalsium pada tulang akibat konsumsi kopi yang berlebihan. 

6. Konsumsi vitamin C

Vitamin C dapat membantu tubuh memecah kafein sehingga tidak berdampak signifikan. Vitamin C dapat ditemukan pada berbagai jenis buah-buahan segar. Selain itu, vitamin C juga dapat diperoleh dari suplemen yang banyak tersedia di pasaran. 

Cara Menghilangkan Efek Kafein Dari Dalam Tubuh

Pada dasarnya tubuh dapat menetralisir efek kafein dengan sendirinya. Namun, waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama sehingga kemungkinan efek yang ditimbulkan dari kafein dapat berlangsung lama. Beberapa cara diatas dapat mempercepat hilangnya efek yang ditimbulkan kafein pada tubuh. Menghentikan kebiasaan minum kopi mungkin sulit dihilangkan, namun mengurangi serta mengatur waktu minum kopi adalah cara terbaik. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Efek Kafein Dari Dalam Tubuh

3 comments: