Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Thursday 4 February 2016

Makan dan Minuman Sehat Setelah Olahraga

Saat berolahraga, otot-otot tubuh terus bergerak mengeluarkan energi. Tidak hanya membakar lemak, tubuh juga akan mengeluarkan racun dalam bentuk keringat. Seluruh energi yang dikeluarkan saat berolahraga membuat tubuh menjadi terasa lelah dan lemas. Untuk mengembalikan kesegarannya, maka makan dan minuman setelah olahraga mejadi hal yang penting.
Makan dan Minuman Sehat Setelah Olahraga

Ada beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan dikonsumsi setelah berolahraga. Makanan dan minuman ini tidak hanya efektif mengembalikan energi, namun juga mengisi kembali cairan tubuh sehingga mencegah dehidrasi. Berikut ini beberapa makanan dan minuman sehat yang baik dikonsumsi setelah berolahrga.


1. Susu 

Susu memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk mengembalikan cairan tubuh sekaligus memulihkan energi. Susu memiliki tiga komponen penting untuk memulihkan stamina, yaitu karbohidrat dalam bentuk laktosa, elektrolit potasium dan sodium, protein dari kasein dan whey. Susu coklat rendah lemak, dinilai sebagai minuman yang lebih baik dibandingkan minuman olahraga lainnya.

2. Pisang

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 120 kalori yang sangat baik bagi tubuh. Pisang juga mengandung kalori, potasium, antioksidan, serat dan vitamin B yang ampuh mengembalikan stamina organ-organ tubuh setelah berolahraga. Pisang dapat dinikmati secara langsung maupun diolah menjadi jus yang segar. 

3. Kismis
Kismis juga mengandung elektroli dan kalori yang baik dikonsumsi setelah berolahraga. Bahkan, saat ini ada camilan yang berbentuk del solid dari gelatin dengan tambahan gula, elektrolit dan kalori menyerupai kismis. Meskipun demikian, kismis lebih alami sehingga jauh lebih baik dikonsumsi.

4. Jus Semangka 
Jus semangka juga bisa mejadi pilihan yang baik setelah berolahraga. Menurut riset dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa jus semangka dapat meringankan nyeri otot setelah berolahraga. 
Tomat kaya akan likopen, yaitu antioksidan alami yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Likopen ini juga berperan dalam membantu mengurangi kerusakan otot setelah berolahraga. Tomat dapat Anda langsung konsumsi atau diolah menjadi jus yang segar.

6. Jus Ceri 
Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of sports Medicine, ceri juga ampuh untuk mengurangi sakit dan kerusakan otot setelah berolahraga. Mengolah ceri menjadi jus segar lebih nikmat dilakukan sendiri dengan sedikit gula sebagai tambahan.

> Jangan Makan Ini Setelah Olahraga!

Ternyata, tak hanya air putih saja minuman terbaik setelah berolahraga. Banyak makanan dan minuman yang memiliki manfaat lebih untuk mengembalikan tenaga dan memulihkan nyeri otot akibat latihan. Sekarang, tak perlu takut lagi lelah dalam berolahraga. Segera pulihkan dengan makanan dan minuman diatas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makan dan Minuman Sehat Setelah Olahraga

0 comments:

Post a Comment