Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Wednesday, 27 January 2016

Sering Sakit Hati? Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Sakit hati merupakan salah satu penyakit psikis yang harus segera ditangani. Sering sakit hati dapat memperburuk mental dan menyebabkan depresi. Bahkan, tak hanya psikis saja, kondisi fisik pun dapat terganggu akibat sakit hati.

Sering Sakit Hati? Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Saat orang sakit hati, maka emosi negatifnya terkumpul dan mengganggu fungsi hormon tertentu. Kondisi ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Akibatnya, tubuh mudah jatuh sakit. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat dengan mudah menyerang saat Anda sering sakit hati.

1. Flu dan Demam

Penyakit yang paling sering menyerang orang sakit hati adalah flu dan demam. Hal ini disebabkan terganggunya produksi hormon kortisol dalam tubuh.
2. Hipertensi

Emosi negatif yang dipendam saat sakit hati menyebabkan detak jantung bergerak lebih cepat sehingga pembuluh darah menyempit. Kondisi ini menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

     >> 6 Makanan Penurun Hipertensi

3. Kanker

Sistem kekebalan tubuh yang melemah menyebabkan virus kanker bebas tanpa penghalang menyerang tubuh. Sakit hati memicu pertumbuhan sel kanker lebih cepat.

     >> 6 Cara Aktif Mencegah Kanker

4. Jantung dan Stroke

Saat sakit hati, pola makan dan pola tidur menjadi terganggu akibat memendam emosi. Jika terakumulasi terus menerus dapat berbahaya bagi kesehatan jantung dan berpotensi menderita stroke.

     >> 5 Gejala Stroke Pada Wanita

5. Diabetes

Tidak terkontrolnya produksi hormon kortisol dapat membayakan sel di dalam pankreas yang memproduksi insulin. Padahal insulin inilah yang berperan dalam mengontrol gula darah. Akibatnya, orang yang sakit hati kadar gulanya tidak terkontrol yang menyebabkan diabetes.

     >> 11 Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai

6. Radang Usus

Sakit hati yang tertahan dapat menyebabkan depresi. Semakin lama keadaan ini dapat menjadi sebab radang usus. Radang usus merupakan peradangan di usus besar dalam jangka panjang. Gejalanya berupa kram di perut, hilang nafsu makan dan pendarahan.

     >> Cara Mencegah Kanker Usus Halus

Sakit hati ternyata tidak hanya berdampak pada psikis, namun juga kondisi kesehatan kita. Oleh karena itu, saat dihinggapi rasa sakit hati segera obati dengan memaafkan dan hal-hal positif lainnya. Jaga kesehatan fisik dan jiwa kita dengan sifat-sifat yang baik dan kegiatan yang bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sering Sakit Hati? Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

0 comments:

Post a comment