Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Wednesday 23 December 2015

7 Manfaat Senam Kegel Bagi Kesehatan Wanita

Senam kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah merupakan senam yang berfungsi untuk mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kandung kemih dan usus besar. Mengencangkan otot-otot dibagian tersebut sangat bermanfaat untuk mempersiapkan persalinan, mengurangi kelebihan berat badan, dan masalah lain akibat penuaan.

7 Manfaat Senam Kegel Bagi Kesehatan Wanita

Senam kegel dapat dilakukan dan berfungsi dengan baik bagi pria maupun wanita, ataupun keharmonisan keduanya. Namun, senam kegel ini lebih bermanfaat bagi wanita karena siklus wanita yang akan menghadapi persalinan. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut ini 7 manfaat senam kegel bagi kesehatan wanita.

1. Mengatasi inkontinensia urine
Inkontinesia urine adalah melemahnya kontrol pada kandung kemih sehingga susah menahan buang air kecil. Inkontinensia menyebabkan seseorang mengompol atau beser. Hal ini diakibatkan melemahnya otot dasar panggul. Senam kegel yang dilakukan secara rutin dapat menguatkan otot panggul agar kembali berfungsi dengan baik.

2. Mencegah rahim turun
Turunnya rahim disebut juga dengan prolaps uterus. Turunnya rahim disebabkan oleh kendornya otot dasar panggul. Kondisi ini bisa dialami oleh wanita yang baru melahirkan atau wanita pada masa postmenopouse. Melakukan senam kegel sejak muda dapat membantu mencegah turunnya rahim.

3. Mencegah ambien
Ambien adalah melebarnya pembuluh darah vena di daerah dubur karena kurang jumlah serat yang dikonsumsi. Akibatnya konsistensi tinja menjadi keras dan sakit saat buang air besar. Senam kegel yang dilakukan secara rutin akan menguatkan otot panggul yang berkaitan dengan dubur sehingga mencegah ambien.

4. Mengharmoniskan hubungan rumah tangga
Senam kegel yang rutin dilakukan oleh wanita akan meningkatkan daya cengkeram organ kewanitaan. Sedangkan, pada pria dapat meningkatkan kekuatan ereksi dan daya tahan serta mengatasi ejakulasi dini. Kedua hal ini tentu dapat mengharmoniskan hubungan rumah tangga. Selain itu, wanita yang sering melakukan senam kegel lebih mudah mencapai orgasme. 

5. Membantu proses persalinan normal
Proses persalinan umumnya menjadi hal yang dikhawatirkan bagi wanita. Dengan senam kegel, wanita dapat mempersiapkan diri menghadapi persalinan. Senam kegel akan memperkuat otot-otot dasar panggul sehingga sirkulasi darah di area kewanitaan dan dubur berjalan dengan lancar. Hal ini akan memudahkan dalam proses persalinan secara normal. 

6. Mempercepat penyembuhan episiotomy
Episiotomy merupakan prosedur yang dilakukan untuk memperbesar jalan lahir dengan cara memotong kulit antara organ kewanitaan dan anus. Luka episiotomy ini kemudian ditutup kembali dengan dijahit setelah persalinan. Wanita yang biasa senam kegel akan lebih cepat sembuh dari luka episiotmy tersebut. 

7. Menjaga kebugaran tubuh
Sama halnya seperti olahraga lainnya, senam kegel juga membantu menjaga kebugaran tubuh. Senam kegel yang menguatkan otot panggul akan membuat tubuh lebih sehat dan terlihat kencang serta bugar. 

Senam kegel dapat berhasil secara maksimal jika dilakukan setiap hari. Senam kegel dapat dilakukan saat Anda memiliki waktu senggang. Manfaat senam kegel baru dapat dirasakan setelah 4-6 minggu setelah Anda mulai melakukannya. Selamat mencoba!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Manfaat Senam Kegel Bagi Kesehatan Wanita

2 comments: