Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Thursday 24 December 2015

7 Cara Keramas yang Salah Tapi Sering Dilakukan

Padatnya aktivitas sehari-hari seringkali membuat rambut kita terlihat kotor, kusam dan lepek. Keramas atau mencuci rambut adalah perawatan untuk rambut yang paling mudah kita lakukan. Keramas bertujuan untuk membersihkan rambut, menghilangkan kotoran yang menempel di rambut maupun kulit kepala sekaligus membuat rambut indah terawat. 

7 Cara Keramas yang Salah Tapi Sering Dilakukan

Namun, tidak banyak orang yang memahami cara keramas yang benar. Banyak orang yang masih melakukan kesalahan-kesalahan dalam keramas sehingga malah membuat rambut rusak. Nah, untuk itu inilah 7 cara keramas yang salah dan harus Anda hindari.

1. Keramas setiap hari
Keramas setiap hari bukanlah hal yang bagus untuk rambut. Shampo mengandung bahan-bahan kimia yang tidak baik digunakan setiap hari. Kebiasaan ini dapat menyebabkan produksi minyak alami pada rambut berlebihan sehingga rambut menjadi kusam. 

2. Shampo dan kondisioner berlebihan
Pemakaian shampo dan kondisioner sebaiknya digunakan secukupnya, tidak berlebihan. Penggunaan shampo yang berlebihan lebih berpotensi tertinggal di kulit kepala dan rambut. Hal ini akan memicu ketombe dan rambut rusak. 

3. Memakai air hangat terlalu sering
Air hangat sebenarnya boleh saja digunakan untuk keramas. Namun, tidak boleh digunakan setiap saat Anda keramas. Hal ini bisa membuat kultikula rambut rusak. Selain itu, terlalu sering menggunakan air hangat juga bisa membuat rambut berminyak.

4. Sering ganti shampo
Merk shampo yang satu dengan yang lain memiliki komposisi kimia yang berbeda-beda. Sering berganti shampo akan menyebabkan rambut selalu beradaptasi menyesuaikan kadar penyusunnya. Hal ini akan mengakibatkan masalah rambut seperti ketombe, rambut kering dan lainnya.

5. Mendiamkan rambut saat keramas 
Biasanya kita sering mendiamkan rambut setelah diberi shampo terlalu lama. Hal ini justru  membuat kandungan kimia yang ada di dalam shampo menempel pada kulit kepala. Akibatnya rambut akan lebih mudah berketombe. 

6. Terlalu sering memakai kondisioner
Kondisioner memang diperlukan untuk menambah nutrisi rambut sehingga rambut lebih lembut. Namun, terlalu sering menggunakan kondisioner bisa membuat rambut lepek dan berminyak.

7. Menggosok rambut agar cepat kering
Kebiasaan yang paling sering kita lakukan yaitu menggosok rambut setelah keramas agar lebih cepat kering. Hal ini bukanlah kebiasaan yang baik karena dapat membuat rambut rontok. Dalam keadaan basah, rambut lebih rapuh sehingga rentan mengalami kerontokan.

Keramas adalah kebiasaan yang baik untuk membersihkan dan merawat rambut. Namun, lakukan cara keramas yang baik dan benar agar tujuan tersebut tercapai. Hindari ketujuh cara keramas yang salah diatas agar rambut sehat dan bebas dari masalah rambut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Cara Keramas yang Salah Tapi Sering Dilakukan

2 comments: