Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Saturday 17 October 2015

Begini Cara Keramas Yang Benar Untuk Rambut Sehat

Keramas mungkin sudah menjadi aktivitas yang hampir kita lakukan setiap hari. Namun demikian, kenyataannya tidak banyak yang memiliki pengetahuan tentang cara keramas yang benar. Padahal dengan melakukan keramas dengan benar, rambut kita akan terjaga kesehatan dan keindahannya serta terhindar dari masalah rambut. 


Keramas dengan cara yang benar tidak melulu harus menghabiskan biaya yang mahal. Tidak harus juga dengan keramas di salon. Cukup keramas di rumah dengan cara yang benar sudah cukup untuk membuat rambut tumbuh sehat dan indah. Berikut ini cara keramas yang benar untuk rambut sehat yang patut Anda coba.

1. Sisir rambut
Sebelum keramas, sangat disarankan menyisir rambut agar tidak kusut dan terurai lepas. Apalagi jika Anda memliki rambut yang panjang.

2. Bilas dengan air hangat
Selanjutnya, basahi rambut dengan air hangat (30-32 derajat celcius) hingga merata. Hal ini dimaksudkan agar pori-pori kepala dapat sedikit terbuka sehingga proses penyerapan nutrisi dapat berjalan sempurna. 

3. Penggunaan shampo
Pastikan menggunakan shampo yang tepat untuk jenis rambut Anda. Kenali jenis rambut Anda dan problem rambut agar shampo menyesuaikan. Gunakan shampo secukupnya, jangan terlalu banyak. Sesuaikan dengan panjang pendeknya rambut dan ketebalan rambut.

4.  Lakukan pijatan ringan
Gosok dan ratakan shampo pada suluruh bagian rambut. Lakukan sambil memberikan pijatan ringan pada kulit kepala dengan ujung jari. Usapkan shampo dari bagian akar rambut hingga ujung rambut secara merata. Jangan terlalu lama menggunakan shampo, cukup 2-3 menit agar tak merusak rambut. Dalam kondisi tertentu, jika diperlukan Anda dapat melakukan keramas kedua.

5. Keramas kedua dalam kondisi tertentu
Keramas pertama biasanya efektif untuk membersihkan minyak, debu dan kotoran yang menempel paa rambut. Sedangkan keramas kedua, dapat membersihkan rambut sekaligus kulit kepala lebih mendalam. 

6. Pembilasan rambut
Setelah melakukan proses shampo-an, bilas rambut sampai bersih. Bilas perlahan dan merata, jangan sampai ada sisa-sisa shampo yang tertinggal. Ulangi beberapa kali hingga benar-benar bersih dan segar.

7. Penggunaan kondisioner
Kondisioner digunakan untuk melembutkan dan melembabkan tiap helai rambut Anda. Penggunaan kondisioner setelah keramas sebaiknya dilakukan dengan mengoleskannya hingga rata dengan sisir bergigi jarang. Setelah itu, diamkan selama 1 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

8. Perawatan tambahan
Untuk menambah nutrisi rambut, Anda bisa juga melakukan perawatan tambahan dengan memberikan tonik dan vitamin rambut. Apalagi jika kondisi rambut Anda memang membutuhkan nutrisi tambahan tersebut. 


Rambut adalah mahkota yang menunjang penampilan. Memiliki rambut yang sehat dan terawat tidak hanya menambah kecantikan namun juga meningkatkan kepercayaan diri. Rutin keramas dengan cara yang benar, efektif membuat rambut sehat dan terawat. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Begini Cara Keramas Yang Benar Untuk Rambut Sehat

0 comments:

Post a Comment