Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Tuesday 6 October 2015

8 Tips Rahasia Miliki Payudara Indah dan Sehat

Memiliki payudara yang indah sekaligus sehat pasti impian setiap wanita. Payudara tidak hanya penunjang kecantikan, namun lebih dari itu. Payudara yang sehat sangat diperlukan pertumbuhan buah hati kita. Dengan payudara yang sehat, kita dapat mencukupi kebutuhan buah hati kita akan ASI. Oleh karena itu, merawat payudara tidak hanya cukup agar terlihat indah namun juga harus sehat.
8 Tips Rahasia Miliki Payudara Indah dan Sehat

Namun faktanya, tidak banyak wanita yang memperhatikan kesehatan payudaranya. Padahal resiko kanker payudara kian hari kian bertambah. Butuh perhatian lebih untuk mencegah resiko tersebut. Nah, ada beberapa tips rahasia yang dapat membuat payudara tidak hanya terlihat indah namun juga sehat. Berikut ini tips rahasia miliki payudara indah dan sehat.

1. Perhatikan berat badan

Rahasia pertama, Anda harus memperhatikan berat badan. Menjaga berat badan berada pada kisaran normal/ideal adalah hal yang paling penting. Berat badan berlebih (kegemukan) memicu berbagai penyakit akibat tumpukan lemak berlebihan, tak terkecuali kanker payudara. Sedangkan, kekurangan berat badan dapat membuat tubuh lemah dan sisem kerja tubuh tidak dapat berjalan dengan baik.

Perhatikan berat badan dengan mengontrol pola makan dan olahraga secara teratur. Berat bada yang ideal juga akan membuat penampilan payudara lebih indah dan kencang. 

2. Olahraga khusus

Olahraga tidak hanya memperkuat otot, melancarkan sistem kerja tubuh, tapi juga bisa membuat payudara indah dan sehat. Tentunya untuk tujuan yang terakhir ada beberapa olahraga yang sesuai untuk dilakukan. Diantaranya senam ringan, push up, sit up dan senam khusus payudara. Beberapa olahraga ringan tersebut dapat menjaga otot dada sebagai penyangga payudara tetap kencang. 

3. Perhatikan asupan makanan 

Asupan makanan menjadi rahasia yang tak kalah penting. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan untuk kesehatan dan keindahan payudara Anda.
  • Makanan yang mengandung sulforaphane : ikan dan sayuran hijau (selada, brokoli, bayam) untuk mencegah dan melawan sel kanker. 
  • Makanan yang mengandung serat : sayur dan buah seperti buncis, jeruk dan pir untuk memperlancar metabolisme dan mengontrol produksi estrogen. 
  • Kacang-kacangan seperti kedelai (tahu, tempe, susu kedelai) yang mengandung genisten untuk mengikat reseptor pada payudara dan mencegah tumbuhnya sel kanker. 
  • Konsumsi ikan laut yang tinggi akan omega 3 untuk memperkuat daya tahan tubuh. 
4. Pakai bra (BH) yang sesuai 

Bra yang Anda gunakan harus nyaman dipakai, menyerap keringat dan sesuai aktivitas. Jika Anda sedang berolahraga maka gunakan bra khusus untuk olahraga. Sesuaikan dengan ukuran payudara, jangan kebesaran atau kekecilan. Selain itu, perhatikan kebersihannya. Beberapa penelitian menemukan bahwa tidur tanpa bra dapat memperkecil resiko kanker payudara.

5. Gunakan masker berbahan alami

Jika Anda ingin menambah ukuran atau sekedar mengencangkan, maka gunakan masker berbahan alami. Masker berbahan alami tidak menimbulkan efek samping dan gunakan seperlunya. Ada beberapa resep masker berabhan alami yang dapat digunakan untuk mengencangkan payudara, seperti resep mentimun. Mentimun memiliki kaya kandungan air dan kandungan vitamin A, C, B2 yang tinggi sehingga bagus untu mengencangkan payudara dan membuat pori-pori mengecil sehingga tampak halus dan lembut.

6. Rutin memeriksa kesehatan payudara

Rutin periksa kesehatan payudara Anda dengan pengecekan sendiri maupun ke dokter. Periksa payudara sendiri (SADARI) dapat Anda lakukan dengan menggunakan tangan dan penglihatan sendiri apakah ada perubahan fisik pada payudara. Periksa di depan cermin atau saat mandi dengan melihat dan meraba apakah terdapat benjolan yang mencurigakan dan menimbulkan nyeri di sekitar payudara dan ketiak. Jika terdapat sesuatu perubahan atau keanehan segera periksakan ke dokter.

7. Hindari rokok dan minuman beralkohol 

Rokok dan minuman beralkohol meningkatkan resiko kanker payudara 21% lebih besar. Racun pada rokok dapat mengendap dan menyebar ke seluruh tubuh sehingga mengganggu kerja sitem tubuh. Sedangkan, alkohol di dalam tubuh diubah menjadi aseltidihida yang merupakan agen karsinogenik (penyebab kanker) yang sangat kuat. 

8. Penuhi waktu istirahat

Saat tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka berbagai sistem kerja di dalam tubuh akan terganggu. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas, otot tubuh mengendur termasuk otot-otot payudara. Dalam jangka panjang, tubuh menjadi lemah dan rentan terahdap serangan penyakit.

Memiliki payudara yang indah dan sehat harus dimulai dari diri kita sendiri. Menjaga dan merawatnya dengan baik akan membuat payudara lebih indah dan sehat. Payudara yang indah dan sehat akan menunjang penampilan, meingkatkan kepercayaan diri, kemesraan suami-istri dan tentu memenuhi kebutuhan gizi buah hati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Tips Rahasia Miliki Payudara Indah dan Sehat

1 comments:

  1. Sekarang banyak ya di Indonesia terkena kanker payudara.
    Kesehatan emang penting kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi.
    Apalagi payudara, bagi ibu payudara itu penting, karena itu adalah sumber makanan bagi sang bayi. makanya perlu dijaga dengan baik
    bisnis

    ReplyDelete